Konflik yang sedang berlangsung di Papua Barat telah melonjak baru-baru ini ketika gerakan kebebasan Papua Barat mencari kemerdekaan dari Indonesia. 

Sementara agresi telah didokumentasikan di kedua sisi, ada kekhawatiran besar bahwa pasukan keamanan Indonesia bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia melalui penindasan kekerasan terhadap orang Papua Barat dalam mengejar kemerdekaan. 

Permusuhan baru-baru ini meletus di Indonesia dan Papua Barat. Pada bulan Agustus, protes digagalkan oleh pasukan keamanan dengan peristiwa melihat mahasiswa Papua ditembak dengan gas air mata di asrama mereka di Jawa Timur dan pasukan keamanan membantu massa kekerasan dalam serangan terhadap demonstran Papua di Fakfak.

Sebagian besar konflik telah dilancarkan di jalanan, tetapi pertarungan juga telah meluas ke dunia digital — sebagai penyensoran dan disinformasi. Meskipun telah terjadi gangguan internet yang ditargetkan di Papua dan Indonesia, dan pelarangan konten YouTube kontra naratif , sesuatu yang belum terungkap, sampai sekarang, adalah jaringan bot aktif yang menyebarkan konten pro-pemerintah melalui platform media sosial utama....selengkapnya baca di bellingcat.